Minggu, 26 Desember 2010

Dampak Penyalahgunaan Narkoba

Bila narkoba dipakai secara terus menerus akan menimbulkan ketergantungan / kecanduan bagi si pengguna. Kecanduan ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Dampak ini disebabkan karna kerusakan pada sistem saraf pusat ( otak dan susum tulang belakang ) dan organ tubuh lainnya yang berpern penting bagi kehidupan kita. Dampak yang terjadi tergantung jenis narkoba, lama pemakaian, kepribadian sipemakai, kondisi awal pemakai, dan seberapa sering si pengguna memakai narkoba. Namun secara umum dampak pemakaian narkoba terbagi menjadi tiga jenis yaitu dampak fisik, psikis, dan sosial. Semua dampak tersebut saling berkaitan satu sama lain. Dan perlu diketahui dampak penggunaan narkoba yang diluar dosis yang ditentukan tentu merupakan dampak negatif dan tidak ada dampak positifnya.

Dampak Fisik:
1. Gangguan pada system syaraf (neurologis) seperti: kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan syaraf tepi.
2. Gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) seperti: infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah.
3. Gangguan pada kulit (dermatologis) seperti: penanahan (abses), alergi, eksim.
4. Gangguan pada paru-paru (pulmoner) seperti: penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, pengerasan jaringan paru-paru.
5. Sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur.
6. Dampak terhadap kesehatan reproduksi adalah gangguan padaendokrin, seperti: penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual.
7. Dampak terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid).
8. Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV yang hingga saat ini belum ada obatnya
9. Penyalahgunaan narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi Over Dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian

Dampak Psikis:
1. Lamban kerja, ceroboh kerja, sering tegang dan gelisah
2. Hilang kepercayaan diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga
3. Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal
4. Sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan
5. Cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri

Dampak Sosial:
1. Gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan oleh lingkungan
2. Merepotkan dan menjadi beban keluarga
3. Pendidikan menjadi terganggu, masa depan suram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar