INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU BK/KONSELOR |
|
|
|
|
|
|
|
NO |
TUGAS UTAMA DAN INDIKATOR KINERJA GURU BK/KONSELOR |
HASIL ANALISIS KAJIAN ATAU KESIMPULAN DARI
DATA/BUKTI-BUKTI/DOKUMEN DAN/ATAU CATATAN HASIL PENGAMATAN |
BUTIR PENILAIAN INDIKATOR
KINERJA GURU BK/KONSELOR |
HASIL PENILAIAN |
YA |
TIDAK |
A |
|
1 |
Guru
BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan dan esensi layanan BK pada
jalur, jenis dan jenjang pendidikan dalam perencanaan layanan BK. |
|
a. |
Program
BK memuat landasan keilmuan pendidikan (yuridis, filosofis, psikologis,
sosial-budaya, religius). |
|
|
b. |
Program
BK memenuhi esensi layanan BK jalur pendidikan formal. |
|
|
c. |
Program
BK memenuhi esensi layanan BK sesuai jenis pendidikan (umum, kejuruan,
keagamaan, atau khusus) |
|
|
d. |
Program
BK memenuhi esensi layanan BK sesuai jenjang pendidikan (SD/MI, SMP/MTs atau
SMA/MA/SMK/MAK). |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
2 |
Guru
BK/Konselor dapat menyusun atau memilih instrumen, menganalisis data,
mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta menggunakan hasil asesmen. |
|
a. |
Instrumen
asesmen (ITP, AUM, DCM, Angket Kebutuhan, dll) dipilih dan digunakan untuk
mengetahui kebutuhan peserta didik terhadap layanan BK. |
|
|
b. |
Analisis
data asesmen yang digunakan dapat mengungkapkan kondisi
nyata kebutuhan peserta didik/konseli. |
|
|
c. |
Hasil
asesmen diadministrasikan dalam himpunan data. |
|
|
d. |
Hasil
asesmen digunakan sebagai dasar untuk menyusun program
BK |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
3 |
Guru
BK/Konselor dapat merancang program BK |
|
a. |
Program
BK memuat materi, bidang, kegiatan layanan/ pendukung, sarana dan biaya,
serta jadwal kegiatan. |
|
|
b. |
Materi
layanan BK ditentukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik
terhadap layanan BK. |
|
|
c. |
Kegiatan
layanan BK ditentukan berdasarkan tujuan materi layanan BK |
|
|
d. |
Kegiatan
pendukung BK ditentukan guna mendukung kegiatan layanan BK yang direncanakan. |
|
|
e. |
Perencanaan
sarana dan biaya disusun secara rasional berdasarkan kebutuhan. |
|
|
f. |
Penentuan
jadwal mempertimbangkan materi, kegiatan layanan, dan kalender
pendidikan. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
6 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
B |
PELAKSANAAN LAYANAN BK |
|
Persiapan Layanan BK |
|
|
|
|
4 |
Guru BK/Konselor
dapat mengaplikasikan teori dan praksis pelayanan BK dalam penyusunan Rencana
Pelaksanaan Layanan (RPL) |
|
a. |
RPL
(Satlan/Satkung) minimal memuat tujuan, materi (topik atau permasalahan),
kegiatan, sumber bahan/alat, dan instrumen penilaian. |
|
|
b. |
Tujuan
dirumuskan secara operasional sesuai materi dan kegiatan layanan yang
diberikan. |
|
|
c. |
Penulisan
materi didasarkan pada rujukan yang jelas. |
|
|
d. |
Perumusan
kegiatan sesuai tahapan kegiatan layanan/ pendukung (misalkan layanan
klasikal (pendahuluan, inti, penutup), bimbingan kelompok atau konseling
kelompok (pembentukan, peralihan, kegiatan, pengakhiran)). |
|
|
e. |
Instrumen
penilaian disusun berdasarkan karakteristik jenis penilaian yang digunakan. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
5 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
|
Pelaksanaan Layanan
BK |
|
|
5 |
Guru BK/Konselor
dapat mengimplementasikan RPL (Satlan/Satkung) dalam pelayanan BK. |
Sebelum: |
a. |
Proses
pelayanan BK dilaksanakan secara
efektif sesuai RPL untuk mencapai tujuan pelayanan BK. |
|
|
Selama
: |
b. |
Cakupan
materi layanan BK diberikan sesuai waktu yang
tersedia. |
|
|
|
c. |
Proses
pelayanan BK memotivasi peserta didik/ konseli untuk berpartisipasi aktif. |
|
|
Sesudah
: |
d. |
Instrumen
penilaian digunakan secara tepat sesuai rencana kegiatan layanan BK. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
0 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
6 |
Guru BK/Konselor
dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi pembelajaran dalam
pelayanan BK. |
Sebelum : |
a. |
Program BK, Daftar Siswa Asuh,
Peta Siswa, Buku Perkembangan Pribadi, RPL (Satlan/ Satkung) mengacu pada
prinsip-prinsip pendidikan (pengembangan potensi). |
|
|
Selama
: |
b. |
Program BK, Daftar Siswa Asuh,
Peta Siswa, Buku Perkembangan Pribadi, RPL (Satlan/ Satkung) sesuai usia dan tahap perkembangan peserta didik/konseli. |
|
|
|
c. |
Proses pelayanan BK
memfasilitasi pengembangan dimensi pembelajaran (to know,
to do, to be, to live together, dan to believe in God). |
|
|
Sesudah
: |
d. |
Proses pelayanan BK
memfasiltasi pengembangan peserta didik/konseli sesuai
keragaman latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
7 |
Guru
BK/Konselor dapat mengaplikasikan tujuan, prinsip, azas, dan fungsi dalam
pelayanan BK. |
Sebelum : |
a. |
RPL
(Satlan/Satkung) memuat tujuan pelayanan BK yang dirumuskan secara
operasional sesuai kegiatan layanan BK yang diberikan. |
|
|
Selama
: |
b. |
Proses
pelayanan BK (misalnya layanan klasikal, bimbingan kelompok, atau konseling kelompok) yang diberikan
memperhatikan prinsip-prinsip layanan BK. |
|
|
|
c. |
Proses
pelayanan BK yang diberikan memperhatikan asas dalam pelayanan BK. |
|
|
Sesudah
: |
d. |
Proses
pelayanan BK yang diberikan memenuhi
fungsi layanan BK. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
8 |
Guru
BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial,
kemampuan belajar dan perencanaan karir. |
Sebelum : |
a. |
RPL
(Satlan dan Satkung), Buku Perkembangan Pribadi, Catatan kejadian (anekdot)
memuat pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan/atau
perencanaan karir peserta didik/konseli. |
|
|
Selama
: |
b. |
Proses
pelayanan BK yang diberikan memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi,
sosial, kemampuan belajar dan/atau perencanaan karir peserta didik/konseli. |
|
|
Sesudah
: |
c. |
Fasilitasi
pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan/atau
perencanaan karir peserta didik/konseli terintergrasi dalam pelayanan BK. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
3 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
9 |
Guru
BK/Konselor dapat memfasilitasi perolehan pelayanan BK sesuai pertumbuhan
fisik dan perkembangan psikologis. |
Sebelum : |
a. |
RPL
(Satlan atau satkung) dan laporan konseling memperhatikan pertumbuhan fisik
dan perkembangan psikologis peserta didik/konseli. |
|
|
Selama
: |
b. |
Proses
pelayanan BK memperhatikan pertumbuhan fisik dan/atau perkembangan psikologis
peserta didik/konseli. |
|
|
Sesudah
: |
c. |
Proses
pelayanan BK memberi kesempatan peserta didik/konseli
mengembangkan bakat, minat, dan potensi pribadi. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
0 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
10 |
Guru
BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan sikap, perilaku dan kebiasaan
belajar. |
Sebelum : |
a. |
RPL
(Satlan dan Satkung) memuat pengembangan sikap, perilaku, dan kebiasaan
belajar. |
|
|
Selama
: |
b. |
Proses
pelayanan BK memfasilitasi peserta
didik/konseli mengembangkan sikap positif terhadap diri dan lingkungannya. |
|
|
Sesudah
: |
c. |
Proses
pelayanan BK memfasilitasi peserta
didik/konseli mengembangkan perilaku sesuai nilai, norma dan aturan yang
berlaku. |
|
|
|
d. |
Proses
pelayanan BK memfasilitasi peserta
didik/konseli mengembangkan kebiasaan belajar. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
11 |
Guru
BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK. |
Sebelum : |
a. |
Rencana
kegiatan konseling dalam RPL memuat penerapan salah satu pendekatan/model
konseling. |
|
|
Selama |
b. |
Kegiatan
konseling dirumuskan sesuai dengan tahapan kegiatan konseling dengan
menggunakan pendekatan/model konseling yang diterapkan |
|
|
|
c. |
Pemilihan
jenis pendekatan/ model konseling didasarkan pada permasalahan peserta
didik/konseli. |
|
|
Sesudah
: |
d. |
Proses
konseling dilakukan sesuai dengan RPL yang telah disusun. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
4 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
12 |
Guru BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan
kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK. |
|
a. |
Kolaborasi
dengan pihak-pihak terkait di sekolah dalam pelayanan BK. |
|
|
b. |
Kolaborasi
dengan pihak-pihak terkait di luar sekolah dalam
pelayanan BK. |
|
|
c. |
Kolaborasi
dengan pihak-pihak terkait dilakukan sesuai kaidah-kaidah pelayanan BK. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
0 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
13 |
Guru
BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK. |
|
a. |
Sarana
pelayanan BK dikelola secara efektif. |
|
|
b. |
Biaya
pelaksanaan pelayanan BK digunakan secara efektif dan transparan. |
|
|
c. |
Penggunaan
biaya pelaksanaan pelayanan BK dibuktikan dengan keterlaksanaan kegiatan. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
3 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
4 |
|
Penilaian
Keberhasilan Layanan BK |
|
14 |
Guru BK/Konselor
dapat melakukan penilaian proses dan hasil pelayanan BK. |
|
a. |
Penilaian
proses dilakukan selama pelayanan BK berlangsung. |
|
|
b. |
Penilaian
hasil (Laiseg) dilakukan sebelum atau sesudah diakhirinya pelayanan BK. |
|
|
c. |
Bukti
penilaian proses berupa catatan keterlibatan peserta didik/konseli dan/atau
pihak-pihak lain yang dilibatkan. |
|
|
d. |
Bukti
penilaian hasil berupa instrumen yang digunakan dan analisis hasil penilaian
pelayanan BK. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
3 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
3 |
C |
EVALUASI, PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT |
|
15 |
Guru BK/Konselor
dapat mengevaluasi program BK. |
|
a. |
Evaluasi
program BK dilakukan pada semua tahap pengelolaan pelayanan BK (perencanaan,
pelaksanaan, dan penilaian). |
|
|
b. |
Evaluasi
program dianalisis untuk menentukan kegiatan tindak lanjut pelayanan BK yang
dilakukan. |
|
|
c. |
Hasil
evaluasi program BK disosialisasikan kepada pihak terkait (kepala sekolah,
guru mata pelajaran, wali kelas, orang tua siswa, dll) |
|
|
d. |
Hasil
evaluasi digunakan untuk mengembangkan program BK selanjutnya. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
0 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
16 |
Guru
BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog)
berdasarkan hasil evaluasi program BK. |
|
a. |
Laporan
pelaksanaan program (lapelprog) disusun berdasar hasil evaluasi program BK |
|
|
b. |
Laporan
pelaksanaan program minimal memuat : kegiatan layanan, sasaran, waktu
pelaksanaan, evaluasi proses dan hasil, analisis dan tindak lanjut. |
|
|
c. |
Laporan
pelaksanaan program disosialisasikan pada pihak-pihak terkait. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
0 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
17 |
Guru
BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/
Konselor). |
|
a. |
Memberdayakan
kekuatan pribadi, dan keprofesionalan guru BK/konselor dalam berbagai
kegiatan akademik (seperti pendampingan siswa dalam lomba, pemilihan
jurusan/sekolah lanjutan, dll). |
|
|
b. |
Berpartisipasi
aktif dalam proses pengembangan diri melalui organisasi profesi (seperti
MGBK, ABKIN, atau organisasi profesi sejenis lainnya). |
|
|
c. |
Menyelenggarakan
pelayanan BK sesuai dengan kewenangan dan kode etik profesional guru
BK/konselor. |
|
|
d. |
Mendahulukan
kepentingan peserta didik/konseli daripada kepentingan pribadi guru
BK/konselor. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
0 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
|
18 |
Guru
BK/Konselor dapat merancang, melaksanakan dan memanfaatkan hasil penelitian
dalam BK. |
|
a. |
Masalah
penelitian didasarkan permasalahan dalam proses pelayanan BK. |
|
|
b. |
Proposal
disusun berdasarkan kaidah-kaidah penulisan karya tulis ilmiah. |
|
|
c. |
Pelaksanaan
penelitian dilakukan sesuai prosedur penelitian |
|
|
d. |
Laporan
penelitian disusun berdasarkan kaidah-kaidah penulisan karya tulis ilmiah. |
|
|
e. |
Hasil
penelitian ditulis dalam bentuk artikel, jurnal atau dipresentasikan dalam
forum ilmiah. |
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja |
0 |
|
|
Nilai indikator
kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4] |
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total Nilai Kinerja Guru |
50 |
|
|
|
|
|
|
|
klo bisa instrumen yg sesuai dengan PADAMU NEGERI pak, trima kasih....
BalasHapus