Format 1 :
Evaluasi Diri untuk Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(diisi oleh Guru
BK/Konselor)
Nama Sekolah:
|
Nomor Statistik Sekolah:
|
|||
Alamat:
|
Kecamatan:
|
Kabupaten/Kota:
|
||
Nama Guru:
|
Tahun Ajaran:
|
Tanggal:
|
||
Demensi
Tugas Utama/Indikator Kinerja
|
Evaluasi diri terhadap Indikator Kinerja
|
|||
A. Perencanaan
Layanan BK
|
||||
1.
Guru BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan
pendidikan dalam perencanaan layanan BK.
|
|
|||
2.
Guru BK/Konselor dapat menyusun dan mengembangkan
instrumen, memilih instrumen, mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta
menggunakan hasil assesmen.
|
|
|||
3.
Guru BK/Konselor dapat menentukan materi dan bidang layanan
BK berdasar kebutuhan peserta didik/konseli.
|
|
|||
4.
Guru BK/Konselor dapat menentukan jenis kegiatan layanan
dan pendukung sesuai dengan materi dan bidang layanan BK.
|
|
|||
5.
Guru BK/Konselor dapat
menentukan jadwal pelaksanaan layanan BK.
|
|
|||
6.
Guru BK/Konselor dapat merencanakan sarana dan biaya
pelaksanaan layanan BK.
|
|
|||
B. Pelaksanaan Layanan BK
|
||||
Teori dan Praksis BK
|
||||
1.
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip
pendidikan dan dimensi pembelajaran dalam pelayanan BK.
|
|
|||
2.
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan praksis
pendidikan dalam pelayanan BK.
|
|
|||
3.
Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi layanan BK pada
jalur satuan pendidikan formal, nonformal dan informal.
|
|
|||
4.
Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi layanan BK pada
jenis dan jenjang satuan pendidikan usia dini, dasar dan menengah, serta
tinggi.
|
|
|||
5.
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan hakikat pelayanan BK
(tujuan, prinsip, azas, dan fungsi).
|
|
|||
6.
Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta
didik/konseli memperoleh pelayanan BK sesuai dengan pertumbuhan fisik dan
perkembangan psikologis.
|
|
|||
7.
Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli
memperoleh pelayanan BK sesuai dengan bakat, minat, dan potensi pribadi.
|
|
|||
8.
Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta
didik/konseli memperoleh pelayanan BK untuk mengembangkan sikap, perilaku dan
kebiasaan belajar.
|
|
|||
Persiapan Layanan BK
|
||||
9.
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar
pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)
|
|
|||
Pelaksanaan BK
|
||||
10. Guru BK/Konselor dapat
mengimplementasikan berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung yang ada dalam RPL (Satlan/Satkung).
|
|
|||
11. Guru BK/Konselor dapat
memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan
perencanaan karir.
|
|
|||
12. Guru BK/Konselor dapat menerapkan
pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK.
|
|
|||
13. Guru BK/Konselor dapat melaksanakan
pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK.
|
|
|||
14. Guru BK/Konselor dapat mengelola
sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK.
|
|
|||
Penilaian Keberhasilan
Layanan BK
|
||||
15. Guru BK/Konselor dapat
mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan
Layanan (RPL)
|
|
|||
C. Evaluasi,
Pelaporan dan Tindak Lanjut
|
||||
Evaluasi Program BK
|
||||
1. Guru BK/Konselor dapat melakukan evaluasi program
BK.
|
|
|||
2. Guru BK/Konselor dapat menginformasikan hasil
evaluasi program BK kepada pihak terkait.
|
|
|||
3.
Guru
BK/Konselor dapat menggunakan hasil evaluasi untuk mengembangkan program BK
selanjutnya.
|
|
|||
Pelaporan dan Tindak Lanjut
|
||||
4.
Guru
BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog)
berdasarkan hasil evaluasi program BK.
|
|
|||
5.
Guru BK/Konselor
dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/ Konselor).
|
|
|||
6.
Guru
BK/Konselor dapat merancang dan melaksanakan penelitian dalam BK.
|
|
|||
7.
Guru
BK/Konselor dapat memanfaatkan hasil penelitian dalam BK.
|
|
|||
Tanda tangan Kepala
Sekolah:
_________________________
|
Tanda tangan Guru
BK/Konselor:
_________________________
|
|||
Format 2 : Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Individu Guru (diisi oleh Koordinator dan Guru BK)
Nama Sekolah:
|
Nomor Statistik Sekolah:
|
||||||||
Alamat:
|
Kecamatan:
|
Kabupaten/Kota:
|
|||||||
Nama Guru:
|
Tahun Ajaran:
|
Tanggal:
|
|||||||
Demensi
Tugas Utama/ Indikator Ki9nerja
|
Rencana Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru
|
Strategi Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
a
|
b
|
||||||||
A. Perencanaan
Layanan BK
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1.
Guru BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan
pendidikan dalam perencanaan layanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Guru BK/Konselor dapat menyusun dan
mengembangkan instrumen, memilih instrumen, mengaplikasikan dan mengadministrasikan,
serta menggunakan hasil assesmen.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Guru BK/Konselor dapat menentukan materi
dan bidang layanan BK berdasar kebutuhan peserta didik/konseli.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Guru BK/Konselor dapat menentukan jenis
kegiatan layanan dan pendukung sesuai dengan materi dan bidang layanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Guru BK/Konselor dapat menentukan jadwal pelaksanaan layanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. Guru BK/Konselor dapat merencanakan sarana
dan biaya pelaksanaan layanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Pelaksanaan Layanan BK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Teori dan Praksis BK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip
pendidikan dan dimensi pembelajaran dalam pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan
praksis pendidikan dalam pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi
layanan BK pada jalur satuan pendidikan formal, nonformal dan informal.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi
layanan BK pada jenis dan jenjang satuan pendidikan usia dini, dasar dan
menengah, serta tinggi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan
hakikat pelayanan BK (tujuan, prinsip, azas, dan fungsi).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada
peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK sesuai dengan pertumbuhan fisik
dan perkembangan psikologis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada
peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK sesuai dengan bakat, minat, dan
potensi pribadi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta
didik/konseli memperoleh pelayanan BK untuk mengembangkan sikap, perilaku dan
kebiasaan belajar.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Persiapan Layanan BK
|
|
|
|
|
|
|
|
||
9.
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar
pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pelaksanaan Layanan BK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan berbagai jenis
layanan dan kegiatan pendukung yang
ada dalam RPL (Satlan/Satkung).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11. Guru BK/Konselor dapat
memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan
perencanaan karir.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12. Guru BK/Konselor dapat menerapkan
pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13. Guru BK/Konselor dapat melaksanakan
pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14. Guru BK/Konselor dapat mengelola
sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Keberhasilan Layanan BK
|
|
|
|
|
|
|
|
||
15. Guru BK/Konselor dapat
mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan
Layanan (RPL)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Evaluasi,
Pelaporan dan Tindak Lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Evaluasi Program BK
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1. Guru BK/Konselor dapat melakukan evaluasi program
BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Guru BK/Konselor dapat menginformasikan hasil
evaluasi program BK kepada pihak terkait.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Guru
BK/Konselor dapat menggunakan hasil evaluasi untuk mengembangkan program BK
selanjutnya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pelaporan dan Tindak Lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4. Guru
BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog)
berdasarkan hasil evaluasi program BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Guru BK/Konselor dapat menentukan arah profesi
(peran dan fungsi guru BK/ Konselor).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Guru BK/Konselor dapat merancang dan melaksanakan
penelitian dalam BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Guru BK/Konselor dapat memanfaatkan hasil penelitian
dalam BK.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru BK/Konselor:
____________________________
|
Kepala Sekolah:
|
||||||||
Catatan:
1.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan
oleh guru BK sendiri
2.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan
bersama guru lain
3.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan
di sekolah
4.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan
di MGBK
5.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan
oleh institusi selain sekolah (a) atau MGBK (b)
6.
Kebutuhan
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang belum dapat dipenuhi
(diajukan/dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan untuk dipertimbangkan
Format 3: Rencana Final Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (diisi oleh Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)
Nama Sekolah:
|
Nomor Statistik Sekolah:
|
|||||||||
Alamat:
|
Kecamatan:
|
Kabupaten/Kota:
|
||||||||
Tahun Ajaran:
|
|
Tanggal:
|
||||||||
No.
|
Nama Guru
|
Dimensi Tugas Utama Guru
BK/Konselor
|
Kompetensi
untuk menghasilkan Publikasi ilmiah dan Karya Inovatif
|
Kompetensi untuk
menunjang Peningkatan
Layanan BK
|
Kompetensi
Melaksanakan
Tugas Tambahan
|
|||||
Perencanaan Layanan BK
|
Pelaksanaan Layanan BK
|
Evaluasi, Pelaporan dan Tindak Lanjut
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Koordinator
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
__________________________
|
|
Diketahui oleh:
|
||||||||
Ketua Komite Sekolah
_____________________
|
Kepala Sekolah
_________________
|
|||||||||
Format 4 : Refleksi
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi oleh Guru BK/Konselor dan
Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)
Nama Sekolah:
|
Nomor Statistik Sekolah:
|
||||
Alamat:
|
Kecamatan:
|
Kabupaten/Kota:
|
|||
Nama Guru:
|
Tahun Ajaran:
|
Tanggal:
|
|||
BAGIAN A : DIISI
OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
|
|||||
1.
Apakah kegiatan yang dilakukan sesuai
dengan rencana kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan? Kalau tidak, apa sebabnya?
|
|
||||
2.
Portofolio kegiatan pengembangan
keprofesian berkelanjutan ada/tidak, lengkap/tidak?
|
|
||||
3.
Apakah guru sudah berusaha semaksimal
mungkin untuk mengembangkan diri selama 1 tahun terakhir?
|
|
||||
4.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang
masih dibutuhkan menurut
guru dan/atau berdasarkan data dari sumber lain
|
|
||||
BAGIAN B : DIISI
OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BERSAMA-SAMA DENGAN
GURU
|
|||||
1.
Dampak
positif kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap kompetensi
guru
|
|
||||
2.
Dampak
positif kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatkan
kemampuan guru untuk menghasilkan karya ilmiah dan karya inovatif
|
|
||||
3.
Dampak Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap
peningkatan kinerja Guru
|
|
||||
4.
Dampak Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap
peningkatan kinerja Sekolah
|
|
||||
5.
Kegiatan pengembangan keprofesian
berkelanjutan dapat menunjang peningkatan kualitas peserta didik
|
|
||||
BAGIAN B : DIISI
OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
|
|||||
Apakah guru sudah siap mengajukan
permohonan untuk kenaikan pangkat?
Sudah/Belum
|
Penjelasan dari jawaban yang diberikan
|
||||
Tanda tangan Guru:
|
Tanda tangan Koordinator
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
|
Tanda tangan Kepala
Sekolah
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar