Rabu, 06 Maret 2013

EVALUASI DIRI KONSELOR MENURUT KURIKULUM SMA/MA TAHUN 2013




Format 1   :  Evaluasi Diri untuk Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
                     (diisi oleh Guru BK/Konselor)
Nama Sekolah:  
Nomor Statistik Sekolah:
Alamat:
 Kecamatan:
Kabupaten/Kota:
Nama Guru: 
Tahun Ajaran:
Tanggal:   
Demensi Tugas Utama/Indikator Kinerja
Evaluasi diri terhadap Indikator Kinerja
A.   Perencanaan Layanan BK
1.      Guru BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan pendidikan dalam perencanaan layanan BK.

2.      Guru BK/Konselor dapat menyusun dan mengembangkan instrumen, memilih instrumen, mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta menggunakan hasil assesmen.

3.      Guru BK/Konselor dapat menentukan materi dan bidang layanan BK berdasar kebutuhan peserta didik/konseli.

4.      Guru BK/Konselor dapat menentukan jenis kegiatan layanan dan pendukung sesuai dengan materi dan bidang layanan BK.

5.      Guru BK/Konselor dapat  menentukan jadwal pelaksanaan layanan BK.

6.      Guru BK/Konselor dapat merencanakan sarana dan biaya pelaksanaan layanan BK.

B.  Pelaksanaan Layanan BK
           Teori dan Praksis BK
1.      Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi pembelajaran dalam pelayanan BK.

2.      Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan praksis pendidikan dalam pelayanan BK.

3.      Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi layanan BK pada jalur satuan pendidikan formal, nonformal dan informal.

4.      Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi layanan BK pada jenis dan jenjang satuan pendidikan usia dini, dasar dan menengah, serta tinggi.

5.      Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan hakikat pelayanan BK (tujuan, prinsip, azas, dan fungsi).

6.      Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK sesuai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis.

7.      Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK sesuai dengan bakat, minat, dan potensi pribadi.

8.      Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK untuk mengembangkan sikap, perilaku dan kebiasaan belajar.

     Persiapan Layanan BK
9.      Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)

           Pelaksanaan BK
10.  Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung  yang ada dalam RPL (Satlan/Satkung).

11.  Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karir.

12.  Guru BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK.

13.  Guru BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK.

14.  Guru BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK.

     Penilaian Keberhasilan Layanan BK
15.  Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)

C.    Evaluasi, Pelaporan dan Tindak Lanjut
     Evaluasi Program BK
1.    Guru BK/Konselor dapat melakukan evaluasi program BK.

2.    Guru BK/Konselor dapat menginformasikan hasil evaluasi program BK kepada pihak terkait.

3.      Guru BK/Konselor dapat menggunakan hasil evaluasi untuk mengembangkan program BK selanjutnya.

     Pelaporan dan Tindak Lanjut
4.      Guru BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog) berdasarkan hasil evaluasi program BK.

5.      Guru BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/ Konselor).

6.      Guru BK/Konselor dapat merancang dan melaksanakan penelitian dalam BK.

7.      Guru BK/Konselor dapat memanfaatkan hasil penelitian dalam BK.

Tanda tangan Kepala Sekolah:


_________________________
Tanda tangan Guru BK/Konselor:


_________________________






Format 2   :    Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru (diisi oleh Koordinator dan Guru BK)

Nama Sekolah:  
Nomor Statistik Sekolah:
Alamat:
 Kecamatan:
Kabupaten/Kota:
Nama Guru: 
Tahun Ajaran:
Tanggal:   
Demensi Tugas Utama/  Indikator Ki9nerja
Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru
Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
1
2
3
4
5
6
a
b
A.   Perencanaan Layanan BK







1.      Guru BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan pendidikan dalam perencanaan layanan BK.








2.   Guru BK/Konselor dapat menyusun dan mengembangkan instrumen, memilih instrumen, mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta menggunakan hasil assesmen.








3.   Guru BK/Konselor dapat menentukan materi dan bidang layanan BK berdasar kebutuhan peserta didik/konseli.








4.   Guru BK/Konselor dapat menentukan jenis kegiatan layanan dan pendukung sesuai dengan materi dan bidang layanan BK.








5.   Guru BK/Konselor dapat  menentukan jadwal pelaksanaan layanan BK.








6.   Guru BK/Konselor dapat merencanakan sarana dan biaya pelaksanaan layanan BK.








B.  Pelaksanaan Layanan BK








           Teori dan Praksis BK








1.      Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan dimensi pembelajaran dalam pelayanan BK.








2.   Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan praksis pendidikan dalam pelayanan BK.








3.   Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi layanan BK pada jalur satuan pendidikan formal, nonformal dan informal.








4.   Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi layanan BK pada jenis dan jenjang satuan pendidikan usia dini, dasar dan menengah, serta tinggi.








5.   Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan hakikat pelayanan BK (tujuan, prinsip, azas, dan fungsi).








6.   Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK sesuai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis.








7.   Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK sesuai dengan bakat, minat, dan potensi pribadi.








8.    Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli memperoleh pelayanan BK untuk mengembangkan sikap, perilaku dan kebiasaan belajar.








Persiapan Layanan BK







9.      Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)








Pelaksanaan Layanan BK








10.   Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung  yang ada dalam RPL (Satlan/Satkung).








11.  Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi, sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karir.








12.  Guru BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam pelayanan BK.








13.  Guru BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan BK.








14.  Guru BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan BK.








Penilaian Keberhasilan Layanan BK







15.  Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)








C.   Evaluasi, Pelaporan dan Tindak Lanjut







           Evaluasi Program BK







1.   Guru BK/Konselor dapat melakukan evaluasi program BK.








2.   Guru BK/Konselor dapat menginformasikan hasil evaluasi program BK kepada pihak terkait.








3.   Guru BK/Konselor dapat menggunakan hasil evaluasi untuk mengembangkan program BK selanjutnya.








Pelaporan dan Tindak Lanjut







4.   Guru BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan program (Lapelprog) berdasarkan hasil evaluasi program BK.








1.      Guru BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran dan fungsi guru BK/ Konselor).








2.      Guru BK/Konselor dapat merancang dan melaksanakan penelitian dalam BK.








3.      Guru BK/Konselor dapat memanfaatkan hasil penelitian dalam BK.








Guru BK/Konselor:

____________________________
Kepala Sekolah:













Catatan:
1.      Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan oleh guru BK sendiri
2.      Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan bersama guru lain
3.      Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di sekolah
4.      Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di MGBK
5.      Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan oleh institusi selain sekolah (a) atau MGBK (b)
6.      Kebutuhan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang belum dapat dipenuhi (diajukan/dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan untuk dipertimbangkan

Format 3:  Rencana Final Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi oleh Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)

Nama Sekolah:  
Nomor Statistik Sekolah:

Alamat:
Kecamatan:
Kabupaten/Kota:

Tahun Ajaran:

Tanggal:   

No.
Nama Guru
Dimensi Tugas Utama Guru BK/Konselor
Kompetensi untuk menghasilkan Publikasi ilmiah dan Karya Inovatif
Kompetensi untuk
menunjang Peningkatan Layanan BK
Kompetensi
Melaksanakan Tugas Tambahan

Perencanaan Layanan BK
Pelaksanaan Layanan BK
Evaluasi, Pelaporan dan Tindak Lanjut














































































































Koordinator
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan


__________________________

Diketahui oleh:

Ketua Komite Sekolah



_____________________

Kepala Sekolah



_________________












Format 4 :    Refleksi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi oleh Guru BK/Konselor dan Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)
Nama Sekolah:
Nomor Statistik Sekolah:
Alamat:
 Kecamatan:
Kabupaten/Kota:
Nama Guru:
Tahun Ajaran:
Tanggal:    
BAGIAN A : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
1.   Apakah kegiatan yang dilakukan sesuai dengan rencana kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan?  Kalau tidak, apa sebabnya?

2.   Portofolio kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan ada/tidak, lengkap/tidak?

3.   Apakah guru sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan diri selama 1 tahun terakhir?

4.   Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih dibutuhkan menurut guru dan/atau berdasarkan data dari sumber lain

BAGIAN B : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BERSAMA-SAMA DENGAN GURU
1.   Dampak positif kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap kompetensi guru

2.   Dampak positif kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatkan kemampuan guru untuk menghasilkan karya ilmiah dan karya inovatif

3.   Dampak Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatan kinerja Guru

4.   Dampak Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap peningkatan kinerja Sekolah

5.   Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan dapat menunjang peningkatan kualitas peserta didik

BAGIAN B : DIISI OLEH KOORDINATOR PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
Apakah guru sudah siap mengajukan permohonan untuk kenaikan pangkat?                                                             Sudah/Belum                                                        
Penjelasan dari jawaban yang diberikan
Tanda tangan Guru:




Tanda tangan Koordinator
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan



Tanda tangan Kepala Sekolah










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar