PENDAHULUAN
Konseling adalah layanan generik pribadi siswa memiliki berbagai kegiatan dan termasuk menasihati , konseling di klinik psikologis, kesehatan mental dan jenis khusus lainnya konseling . Ini adalah bagian teknik yang membantu individu untuk tumbuh secara normal melalui pembelajaran terpandu . Konseling telah terbukti sangat berguna untuk pengembangan individu siswa . Sekolah Tinggi dan Universitas , industri dan dunia usaha menjadi semakin tertarik dalam konseling dan potensinya untuk meningkatkan hubungan interpersonal . " Konseling adalah hubungan yang dinamis dan terarah antara masyarakat di mana prosedur bervariasi dengan sifat kebutuhan siswa , tetapi didalamnya ada partisipasi oleh konselor dan siswa dengan fokus atas klasifikasi diri dan penentuan nasib sendiri dengan siswa . "Konseling diklasifikasikan kedalam jenis yang berbeda. Pembagian ini dilakukan berdasarkan sifat dari proses konseling dan bagian dari konselor . Ada tiga jenis utama dari konseling yaitu direktif , konseling non-direktif dan eklektik . Dalam direktif konseling konselor aktif . Dalam non-direktif , konselor bersifat pasif .Konseling eklektik didefinisikan sebagai sintesis dan kombinasi direktif dan konseling non-direktif . Ini merupakan status tengah antara dua ekstrem diwakili oleh teknik ' non-direktif ' di satu sisi dan ' direktif ' teknik disisi lain . Dalam konseling eklektik , konselor tidak terlalu aktif seperti dalam konseling direktif atau terlalu pasif dalam konseling non-direktif . Dia hanya mengikuti jalan tengah antara kedua. Dalam konseling eklektik , kebutuhan seseorang dan kepribadiannya yang dipelajari oleh konselor . Setelah ini konselor memberikan informasi , sejarah kasus , pengujian dllDalam konseling eklektik konselor pertama mempertimbangkan kepribadian dan kebutuhan konseli . Dia memilih teknik direktif atau non-direktif yang tampaknya untuk melayani tujuan yang terbaik . Konselor mungkin mulai dengan teknik direktif . Ketika situasi menuntut , dia mungkin beralih ke konseling non-direktif dan sebaliknya . Dilakukan usaha untuk menyesuaikan teknik dengan persyaratan situasi dan individu .
Langkah-langkah dalam konseling Eclectic Eksponen terkemuka dari Eclectic konseling Thorne , menyarankan sebagai berikut dalam proses konseling :
1 ) Diagnosis penyebabnya .
2 ) Analisis masalah.
3 ) Penyusunan rencana tentatif untuk faktor memodifikasi .
4 ) Mengamankan kondisi yang efektif untuk konseling .
5) Wawancara dan merangsang klien untuk mengembangkan sumber daya sendiri dan untuk memikul
tanggung jawab untuk mencoba penyesuaian mode baru .
6 ) Penanganan yang tepat dari setiap masalah terkait yang dapat berkontribusi untuk penyesuaian .
Asumsi Konseling Eclectic
1 ) Secara umum, metode pasif harus digunakan bila memungkinkan .
2 ) Metode aktif dapat digunakan dengan indikasi tertentu .
3 ) Pada tahap awal ketika klien bercerita, teknik pasif biasanya metode pilihan . Hal ini memungkinkan
pelepasan emosional .
4 ) Sampai metode sederhana telah gagal , metode rumit tidak harus dicoba .
5 ) Semua proses konseling harus berpusat pada klien .
6 ) Setiap klien harus diberi kesempatan untuk menyelesaikan masalah secara tidak langsung .
Konseling adalah layanan generik pribadi siswa memiliki berbagai kegiatan dan termasuk menasihati , konseling di klinik psikologis, kesehatan mental dan jenis khusus lainnya konseling . Ini adalah bagian teknik yang membantu individu untuk tumbuh secara normal melalui pembelajaran terpandu . Konseling telah terbukti sangat berguna untuk pengembangan individu siswa . Sekolah Tinggi dan Universitas , industri dan dunia usaha menjadi semakin tertarik dalam konseling dan potensinya untuk meningkatkan hubungan interpersonal . " Konseling adalah hubungan yang dinamis dan terarah antara masyarakat di mana prosedur bervariasi dengan sifat kebutuhan siswa , tetapi didalamnya ada partisipasi oleh konselor dan siswa dengan fokus atas klasifikasi diri dan penentuan nasib sendiri dengan siswa . "Konseling diklasifikasikan kedalam jenis yang berbeda. Pembagian ini dilakukan berdasarkan sifat dari proses konseling dan bagian dari konselor . Ada tiga jenis utama dari konseling yaitu direktif , konseling non-direktif dan eklektik . Dalam direktif konseling konselor aktif . Dalam non-direktif , konselor bersifat pasif .Konseling eklektik didefinisikan sebagai sintesis dan kombinasi direktif dan konseling non-direktif . Ini merupakan status tengah antara dua ekstrem diwakili oleh teknik ' non-direktif ' di satu sisi dan ' direktif ' teknik disisi lain . Dalam konseling eklektik , konselor tidak terlalu aktif seperti dalam konseling direktif atau terlalu pasif dalam konseling non-direktif . Dia hanya mengikuti jalan tengah antara kedua. Dalam konseling eklektik , kebutuhan seseorang dan kepribadiannya yang dipelajari oleh konselor . Setelah ini konselor memberikan informasi , sejarah kasus , pengujian dllDalam konseling eklektik konselor pertama mempertimbangkan kepribadian dan kebutuhan konseli . Dia memilih teknik direktif atau non-direktif yang tampaknya untuk melayani tujuan yang terbaik . Konselor mungkin mulai dengan teknik direktif . Ketika situasi menuntut , dia mungkin beralih ke konseling non-direktif dan sebaliknya . Dilakukan usaha untuk menyesuaikan teknik dengan persyaratan situasi dan individu .
Langkah-langkah dalam konseling Eclectic Eksponen terkemuka dari Eclectic konseling Thorne , menyarankan sebagai berikut dalam proses konseling :
1 ) Diagnosis penyebabnya .
2 ) Analisis masalah.
3 ) Penyusunan rencana tentatif untuk faktor memodifikasi .
4 ) Mengamankan kondisi yang efektif untuk konseling .
5) Wawancara dan merangsang klien untuk mengembangkan sumber daya sendiri dan untuk memikul
tanggung jawab untuk mencoba penyesuaian mode baru .
6 ) Penanganan yang tepat dari setiap masalah terkait yang dapat berkontribusi untuk penyesuaian .
Asumsi Konseling Eclectic
1 ) Secara umum, metode pasif harus digunakan bila memungkinkan .
2 ) Metode aktif dapat digunakan dengan indikasi tertentu .
3 ) Pada tahap awal ketika klien bercerita, teknik pasif biasanya metode pilihan . Hal ini memungkinkan
pelepasan emosional .
4 ) Sampai metode sederhana telah gagal , metode rumit tidak harus dicoba .
5 ) Semua proses konseling harus berpusat pada klien .
6 ) Setiap klien harus diberi kesempatan untuk menyelesaikan masalah secara tidak langsung .
Ketidakmampuan
klien untuk kemajuan melalui terapi dengan menggunakan metode pasif
saja
merupakan indikasi untuk menggunakan metode yang lebih direktif .
7) Metode Directive biasanya ditunjukkan dalam situasional penyesuaian mana solusi tidak dapat dicapai
dengan bekerjasama dengan orang lain .
Karakteristik Konseling Eclectic
1 ) Dalam hal ini , metode obyektif dan koordinasi yang digunakan .
2 ) Pada awal konseling , metode klien -aktif digunakan dan konselor tetap pasif .
3 ) Dalam hal ini , lebih penting ditugaskan untuk efisiensi kerja dan perawatan.
4 ) Dalam hal ini , prinsip pengeluaran yang rendah ditekankan .
5 ) Dalam konseling , untuk penggunaan semua metode dan teknik , efisiensi profesional dan keterampilan
konselor adalah keharusan.
6 ) Menjaga dalam pikiran kebutuhan klien , diputuskan apakah metode direktif atau metode non-direktif
harus digunakan .7) Membuat kesempatan yang tersedia untuk klien agar ia dapat menemukan dirinya solusi dari masalah .
Kerugian Konseling Eclectic
1 ) Beberapa orang berpandangan bahwa konseling eklektik tidak jelas , oportunistik dan dangkal .
2 ) Kedua direktif dan konseling non-direktif tidak dapat dicampur bersama-sama .
3 ) Dalam hal ini , muncul pertanyaan berapa banyak kebebasan harus diberikan kepada klien ? Untuk ini
ada aturan yang positif..
Hirarki Praktek EclecticMcBride dan Martin menganjurkan hirarki praktek eklektik dan membahas pentingnya memiliki dasar teoritis suara sebagai panduan . Tingkat terendah atau pertama eklektisisme adalah benar-benar sinkretisme - suatu proses sistematis dalam menempatkan konsep klinis. Hal ini didorong ketika mahasiswa pascasarjana didesak untuk merumuskan teori mereka sendiri konseling tanpa terlebih dahulu setelah mengalami bagaimana mengiuji model kerja . Tingkat kedua eklektisisme tradisional . Ini mencakup " kombinasi tertib fitur yang kompatibel dari berbagai sumber kesatuan yang harmonis " . Teori diperiksa secara lebih mendalam . Pada tingkat ketiga , eklektisisme digambarkan sebagai profesional atau teoritis atau sebagai integrasi teoritis .Jenis ini mengharuskan konselor menguasai setidaknya dua teori sebelum mencoba untuk membuat kombinasi . Sebuah tingkat akhir eklektisisme disebut eklektisisme teknis. Dalam pendekatan ini , prosedur dari teori yang berbeda yang dipilih dan digunakan dalam pemecahan masalah klien.
KESIMPULAN
F.C. Thorne , yang merupakan eksponen pandangan ini , menemukan bahwa adalah mungkin bagi seorang konselor untuk bergantian antara direktif dan metode non -direktif bahkan dalam wawancara yang sama tanpa mengganggu hubungan permisif non-direktif dengan klien . Dia memilih teknik sesuai dengan kebutuhan situasi dan individu . Konselor harus kompeten dan mahir dalam penggunaan semua metode yang tersedia . Validitas hasil ditentukan oleh keterampilan dengan metode mana setiap digunakan . Faktor kritis tidak terikat dengan metode apa yang digunakan melainkan keterampilan konselor dengan yang metode digunakan .
REFERENSI
1) Bimbingan dan Konseling Karir ( AK Nayak . , VK Rao . )
2 ) Prinsip Pendidikan dan Bimbingan Penjurusan ( K . Sharma . )
3 ) Bimbingan dan Konseling Dasar ( Rashmi Agarwal )
4 ) Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling ( RA Sharma )
5 ) The Essentials Dasar Konseling ( Indu Dave )
6 ) Bimbingan dan Konseling ( Indira Madhukas )
7) Metode Directive biasanya ditunjukkan dalam situasional penyesuaian mana solusi tidak dapat dicapai
dengan bekerjasama dengan orang lain .
Karakteristik Konseling Eclectic
1 ) Dalam hal ini , metode obyektif dan koordinasi yang digunakan .
2 ) Pada awal konseling , metode klien -aktif digunakan dan konselor tetap pasif .
3 ) Dalam hal ini , lebih penting ditugaskan untuk efisiensi kerja dan perawatan.
4 ) Dalam hal ini , prinsip pengeluaran yang rendah ditekankan .
5 ) Dalam konseling , untuk penggunaan semua metode dan teknik , efisiensi profesional dan keterampilan
konselor adalah keharusan.
6 ) Menjaga dalam pikiran kebutuhan klien , diputuskan apakah metode direktif atau metode non-direktif
harus digunakan .7) Membuat kesempatan yang tersedia untuk klien agar ia dapat menemukan dirinya solusi dari masalah .
Kerugian Konseling Eclectic
1 ) Beberapa orang berpandangan bahwa konseling eklektik tidak jelas , oportunistik dan dangkal .
2 ) Kedua direktif dan konseling non-direktif tidak dapat dicampur bersama-sama .
3 ) Dalam hal ini , muncul pertanyaan berapa banyak kebebasan harus diberikan kepada klien ? Untuk ini
ada aturan yang positif..
Hirarki Praktek EclecticMcBride dan Martin menganjurkan hirarki praktek eklektik dan membahas pentingnya memiliki dasar teoritis suara sebagai panduan . Tingkat terendah atau pertama eklektisisme adalah benar-benar sinkretisme - suatu proses sistematis dalam menempatkan konsep klinis. Hal ini didorong ketika mahasiswa pascasarjana didesak untuk merumuskan teori mereka sendiri konseling tanpa terlebih dahulu setelah mengalami bagaimana mengiuji model kerja . Tingkat kedua eklektisisme tradisional . Ini mencakup " kombinasi tertib fitur yang kompatibel dari berbagai sumber kesatuan yang harmonis " . Teori diperiksa secara lebih mendalam . Pada tingkat ketiga , eklektisisme digambarkan sebagai profesional atau teoritis atau sebagai integrasi teoritis .Jenis ini mengharuskan konselor menguasai setidaknya dua teori sebelum mencoba untuk membuat kombinasi . Sebuah tingkat akhir eklektisisme disebut eklektisisme teknis. Dalam pendekatan ini , prosedur dari teori yang berbeda yang dipilih dan digunakan dalam pemecahan masalah klien.
KESIMPULAN
F.C. Thorne , yang merupakan eksponen pandangan ini , menemukan bahwa adalah mungkin bagi seorang konselor untuk bergantian antara direktif dan metode non -direktif bahkan dalam wawancara yang sama tanpa mengganggu hubungan permisif non-direktif dengan klien . Dia memilih teknik sesuai dengan kebutuhan situasi dan individu . Konselor harus kompeten dan mahir dalam penggunaan semua metode yang tersedia . Validitas hasil ditentukan oleh keterampilan dengan metode mana setiap digunakan . Faktor kritis tidak terikat dengan metode apa yang digunakan melainkan keterampilan konselor dengan yang metode digunakan .
REFERENSI
1) Bimbingan dan Konseling Karir ( AK Nayak . , VK Rao . )
2 ) Prinsip Pendidikan dan Bimbingan Penjurusan ( K . Sharma . )
3 ) Bimbingan dan Konseling Dasar ( Rashmi Agarwal )
4 ) Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling ( RA Sharma )
5 ) The Essentials Dasar Konseling ( Indu Dave )
6 ) Bimbingan dan Konseling ( Indira Madhukas )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar