Jumat, 05 April 2013

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. INFO BANTUAN FINANSIAL PERKULIAHAN S1 BAGI GURU NEGERI DAN SWASTA



KEMENTERIAN  PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH
Gedung D, Lt. 12  Jl. Jenderal Sudirman Pintu I Senayan Jakarta Pusat 10270
Telp. 021. 57974112,57974107, Fax. 021. 57974113
 

Apabila di daerah Saudara masih terdapat guru pendidikan menengah yang belum S1/D-IV dan saat ini sedang kuliah, dapat diinformasikan hal yang sama dengan persyaratan berkas/dokumen yang harus dilengkapi sebagai berikut.

1.        Mengisi biodata
2.        Foto copy ijasah pendidikan terakhir
3.        Foto copy SK pengangkatan pertama dan terakhir sebagai guru
4.        Foto copy NUPTK
5.        SK tugas mengajar terakhir yang di tandatangani kepala sekolah
6.        Surat ijin belajar dari pihak berwenang (Dinas Pendidikan/Yayasan)
7.        Foto copy kartu mahasiswa
8.        Surat keterangan masih kuliah dari perguruan tinggi yang dikeluarkan tahun 2013
9.        Foto copy hasil studi terakhir
10.    Foto copy NPWP
11.    Foto copy rekening bank (diperbesar dan di perjelas)
12.    Surat keterangan sehat

Semua berkas di atas dilegalisasi oleh pihak yang berwenang  dan dijilid.
Berkas di kirim ke alamat :


Direktorat Pembinaan Pendidik dan
Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah

Up. Subdit PTK SMA
Komp. Kemendiknas Gedung D Lt 12
Jalan Jend. Sudirman Pintu I Senayan
Jakarta Pusat 10270
Telpon dan fax 021 57974107

Biodata, Mou dan Surat pernyataan kesediaan pembuatan laporan dapat kami kirimkan melalui email bantuan_guru_sma@yahoo.co.id





                         BIODATA GURU PENERIMA BANTUAN STUDI PENINGKATAN KUALIFIKASI AKADEMIK S-1/D-IV
TAHUN 2013
 
    


 

1.     Nama (lengkap dengan gelar)               :     ...............................................................
2.   Foto Copy NUPTK                                     :     ..................................................................
3.    Foto Copy NPWP                                     :    .................................................................
4.     NIP/KARPEG/NIY *)                                :     .................................................................
5.     NRG/No Sertifikat Pendidik                   :     .................................................................
6.     Jabatan  Fungsional                               :     ................................................................
7.     Pangkat, Gol. Ruang                              :     .................................................................
8.     Masa kerja                                             :     .......... Tahun ........... Bulan
9.     Tempat, tanggal lahir                            :     .................................................................
10.   A g a m a                                                :     ................................................................
11.   Jenis kelamin                                         :     ................................................................
12    Mata pelajaran yang diajarkan             :     .................................................................
13.   Jumlah jam mengajar per minggu        :     .................................................................
14.   Pendidikan terakhir                               :     ................................................................
15.   Studi lanjut yang sedang ditempuh      
       a. Nama Perguruan Tinggi                    :     .................................................................
       b. Nama program studi/jurusan           :     .................................................................
       c.   Akreditas program studi                   :     .................................................................
       d. Semester ke                                      :     .................................................................
       e. IP / IPK                                                :     .................................................................
       f.  Prediksi lulus tahun                           :     .................................................................
16.  Bantuan sejenis yang pernah diterima
         a.   Sumber bantuan                                :     Pemprov/Pemkab/Pemkot/LPMP *)
         b.   Tahun penerimaan                            :     2009/2010/2011/2012/2013 *)
17.   Alamat sekolah
a.  Nama sekolah                                    :     ..............................................................
b.  Jalan                                                    :     ................................................................
c.  Kelurahan                                           :     ................................................................
d.  Kecamatan                                         :     .................................................................
e.  Kabupaten/Kota *)                           :     .................................................................
f.  Provinsi                                                :     .................................................................
                                                  Kode Pos .................................................
                                                  Nomor Telp Sekolah/Kantor (     ..............
                                                  Fax      .......................................................
18. Alamat rumah
a.   Jalan                                                     :     ..............................................................
b.   Kabupaten/Kota *)                            :     .................................................................
c.   Provinsi                                                :     .................................................................
                                                                      Nomor Telp.Rumah ( ..........................


            Pas Photo
3 x 4
 
                                                                 Nomor HP                          ..............................                 
                                                               Peserta,            ...............................................
                                                                                  


                                                                             (..............................................................)
                                                                             NIP/NIY  .................................................
*)     (Diisi dengan huruf kapital/huruf besar dan jelas atau dapat di ketik ulang, coret yg tidak perlu)




SYARAT dan TATA CARA PENGISIAN MoU

Kepada calon penerima bantuan
Di tempat

MoU
1.    Mengisi indentitas penerima (halaman 2)
2.    Harap di tempelkan materai di tempat yang telah di tentukan
3.    MoU Mohon di tandatangani di kolom yang telah di tentukan
4.    Bila Ada kesalahan ketik pada MoU, harap tidak di coret dengan bolpoin (dapat dgn pinsil)
5.    MoU tidak perlu di gandakan

KWITANSI
Kwitansi mohon di tandatangani dan di beri nama, tidak di tambah tulisan dan materai di foto copy 3 rangkap

BERKAS
1.    Berkas dikirim kembali ke Direktorat paling lambat tanggal 25 April 2013
2.    Kami menyertakan Ceklis kekurangan berkas (mohon dilengkapi)
Kolom kosong (  ) berkas belum ada
Kolom isi          (√) berkas ada

REKENING BANK
1.    Nama yang tertera pada Rekening Bank Peneriman bantuan harus sesuai dengan nama yang tertera pada MoU
2.    Bila pada saat KPN Jakarta III mengirimkan bantuan ke rekening Saudara ternyata rekening Saudara dalam keadaan tidak aktif maka kami tidak tertanggung jawab.
NPWP
            NPWP harus nama penerima bantuan, tidak boleh orang lain

PERNYATAAN
Saudara wajib mengisi surat pernyataan kesedian pembuatan laporan (tulis tangan) dan di tandatangani

LAPORAN
Kami mengharapkan Saudara dapat secepatnya mengirimkan laporan penggunaan dana bantuan yang telah di terima selambat-lambatnya awal bulan September 2013 telah kami terima.

Bila Saudara telah mengirimkan Mou, Kwitansi dan surat pernyataan kesediaan pembuatan laporan tetapi berkas belum lengkap maka kami menganggap MoU, Kwitansi dan surat pernyataan tersebut tidak berlaku (akan kami musnahkan)

Bila memerlukan bantuan lebih lanjut Saudara dapat menghubungi

Subdit PTK SMA Telp 021. 57974107 (jam kerja WIB)


SURAT KESEDIAAN PEMBUATAN LAPORAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini
Nama                             :
NIP/NIY                        :
NUPTK                         :
            Jabatan                         :  Guru Sekolah Menengah Atas
Dinas Pendidikan        : Kota/Kab* : …………
Alamat Dinas               :
Nama Sekolah              :
Alamat Sekolah           :
Telepon/Hp                  :

Dengan ini menyatakan bahwa saya :
1.  Bersedia melengkapi semua persyaratan yang diminta dalam proses pencairan dana bantuan studi S1/D-IV
2. Bersedia membuat laporan pertanggung jawaban dana bantuan studi S1/D-IV bagi guru  sekolah menengah atas yang terdiri dari

A.    Indentitas Diri
B.       Penerimaan Dana Bantuan
C.      Penggunaan Dana Bantuan
D.      Hambatan dan Pemecahannya
E.       Kesimpulan
Lampiran :     -  Kwitansi pengeluaran
                        -   Nilai kemajuan akademis dari lembaga

3.     Laporan pada nomor 1 dan 2 di atas harap di  kirimkan selambat-lambatnya  tanggal  24  September 2013 ke alamat

                                Direktorat P2TK DIKMEN
                                Subdit PTK SMA
                                Komp. Perkantoran KEMDIKBUD
                                Gedung D Lantai 12
                                Jalan Jend. Sudirman Pintu I Senayan
                                Jakarta Pusat

Apabila saya tidak memenuhi ketentuan pada poin 1, 2 dan 3 di atas, saya bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua akibat dari kelalaian tersebut..
Demikian surat pernyataan ini kami buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya

                                                                                                                    ………………,…………………..….. 2013

                                                                                                                    ………………………………………………
NIP/NIY
-          Dapat di tulis dengan hurup capital
-          (*) coret yang tidak perlu
-          Mohon di foto copy,1 untuk peserta dan aslinya di kembalikan
bersama MOU yang telah ditandatangani







SURAT PERJANJIAN
PEMBERIAN BANTUAN STUDI GURU SMA S1/D-IV TAHUN 2013

ANTARA
DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN  PENDIDIKAN MENENGAH

DENGAN

GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS ...................................

NOMOR        : ......./D5.2/LL/2013
TANGGAL    : ........ ,........ 2013

Pada hari Rabu tanggal 21 bulan Maret tahun dua ribu tigabelas, kami yang bertandatangan di bawah ini :

Nama                    : Surya Dharma, MPA, Ph. D
NIP                        : 19530927 197903 1 001
                                      Jabatan                : Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah
Alamat Kantor      : Komp. Kemdikbud Gedung D Lt.12
                               Jalan Jend, Sudirman Pintu 1 Senayan
                               Jakarta Pusat 10270

Berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 213/MPN.A4/KP/2010 tanggal 27 Desember 2010 tentang Pengangkatan Pejabat Struktural pada Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, telah diangkat menjadi Direktur pada Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah, yang selanjutnya dalam perjanjian ini di sebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama                         :
NIP/NIY                      :
NUPTK                       :
Jabatan                     :
Sekolah                     :
Alamat Sekolah         :

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah Nomor ........./D5.2/KP/2013 Tanggal .....,....... 2013 tentang Peserta Penerima Bantuan Studi Guru SMA S1/D-IV Tahun 2013 yang selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai PIHAK KEDUA

Kedua belah pihak berdasarkan :

Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL) TA 2013 Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nomor              :
Tanggal            :

Dengan ini menyatakan telah setuju dan sepakat untuk mengikatkan diri dalam satu Perjanjian Pemberian Bantuan Studi Guru SMA S1/D-IV Tahun 2013 dengan ketentuan dan syarat-syarat tercantum dalam pasal-pasal tersebut dibawah ini :

Pasal 1
JENIS PEKERJAAN

1.   PIHAK PERTAMA memberikan dana Bantuan Studi Guru SMA S1/D-IV Tahun 2013 Bagi Guru SMA kepada PIHAK KEDUA.

2.  Dana Subsidi ini hanya di pergunakan untuk proses perkuliahan tidak dapat digunakan untuk akomodasi, konsumsi dan transportasi perkuliahan.

3. Kegiatan dimaksud merupakan bantuan penunjang pendidikan yang nilainya sebagaimana tertuang dalam Surat Perjanjian Ini


Pasal 2
PELAKSANAAN PEKERJAAN

1. PIHAK KEDUA berkewajiban membuat laporan kepada PIHAK PERTAMA  mengenai penggunaan dana Penerima Bantuan Studi Guru SMA S1/D-IV Tahun 2013.

2. PIHAK PERTAMA dapat melakukan pemeriksaan atas kebenaran penggunaan dana ke perguruan tinggi bersangkutan.

3.   Laporan hasil pelaksanaan dilengkapi dengan bukti asli pengeluaran dana.

Pasal 3
JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

Setelah ditandatangani surat perjanjian penerimaan bantuan PIHAK KEDUA sanggup menyelesaikan dan melaporkan disertai bukti-bukti asli penggeluaran pertanggung jawaban administrasi keuangan tersebut selambat-lambatnya 2 (dua) bulan terhitung sejak diterimanya dana oleh PIHAK KEDUA.

Pasal 4
DANA BANTUAN


Dana Penerima Bantuan Studi Guru SMA S1/D-IV Tahun 2013 sebesar Rp. 5.500.000,- (Lima juta lima ratus ribu rupiah), akan diserahkan secara langsung melalui nomor rekening Guru SMA yang bersangkutan, setelah surat perjanjian pemberian studi Peningkatan Kualifikasi ditanda tangani kedua belah pihak.

Pasal 5
SANKSI

1.   Jika PIHAK KEDUA tidak memenuhi semua kewajiban-kewajiban sesuai dengan surat perjanjian ini dan aturan serta keterkaitan lainnya, maka PIHAK KEDUA wajib mengembalikan uang bantuan sebesar Rp. 5.500.000,- (lima juta lima ratus ribu rupiah) kepada PIHAK PERTAMA untuk disetorkan kembali ke Kas Negara.

2.   Apabila PIHAK KEDUA telah mengembalikan dana ke Kas Negara Sebagaimana pasal 5 ayat 1 di atas, maka PIHAK KEDUA wajib memberikan bukti pengembalian dana Bantuan Studi Guru SMA S1/D-IV yang telah di setorkan ke Kas Negara, Kepada PIHAK PERTAMA.

3.   Apabila PIHAK KEDUA telah menerima Bantuan Studi Guru SMA S1/D-IV Tahun 2013, maka PIHAK KEDUA berkewajiban membuat laporan penggunaan dana bantuan dimaksud seperti yang diminta dalam Pasal 3.

4.   Jika PIHAK KEDUA tidak membuat laporan penggunaan dana Bantuan Studi Guru SMA S1/D-IV Tahun 2013 maka apabila ada pemeriksaan dari Inspektorat Kemdiknas dan atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atau instansi terkait lainnya maka segala tanggung jawab/sangsi hukum di bebankan kepada PIHAK KEDUA
Pasal 6
LAIN-LAIN

1.   Perubahan atas surat perjanjian ini dapat dilakukan atas persetujuan kedua belah pihak.

2.   Surat perjanjian ini dibuat rangkap 3 (tiga) masing-masing 2 (dua) set bermaterai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) dan mempunyai kekuatan hukum yang sama.

Pasal 7
PENUTUP

Surat Perjanjian Pemberian Bantuan Studi Peningkatan kualifikasi ini ditandatangani oleh kedua belah pihak tanpa ada unsur paksaan dari pihak mana pun serta untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya.





PIHAK KEDUA


Materai 6000




.....................................
.....................................
PIHAK PERTAMA







Surya Dharma, MPA, Ph. D
NIP. 19530927 197903 1 001


Pasal 6
LAIN-LAIN

3.   Perubahan atas surat perjanjian ini dapat dilakukan atas persetujuan kedua belah pihak.

4.   Surat perjanjian ini dibuat rangkap 3 (tiga) masing-masing 2 (dua) set bermaterai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) dan mempunyai kekuatan hukum yang sama.

Pasal 7
PENUTUP

Surat Perjanjian Pemberian Bantuan Studi Peningkatan kualifikasi ini ditandatangani oleh kedua belah pihak tanpa ada unsur paksaan dari pihak mana pun serta untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya.





PIHAK KEDUA






.....................................
.....................................
PIHAK PERTAMA


Materai 6000



Surya Dharma, MPA, Ph. D
NIP. 19530927 197903 1 001



Pasal 6
LAIN-LAIN

5.   Perubahan atas surat perjanjian ini dapat dilakukan atas persetujuan kedua belah pihak.

6.   Surat perjanjian ini dibuat rangkap 3 (tiga) masing-masing 2 (dua) set bermaterai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) dan mempunyai kekuatan hukum yang sama.

Pasal 7
PENUTUP

Surat Perjanjian Pemberian Bantuan Studi Peningkatan kualifikasi ini ditandatangani oleh kedua belah pihak tanpa ada unsur paksaan dari pihak mana pun serta untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya.





PIHAK KEDUA






.....................................
.....................................
PIHAK PERTAMA






Surya Dharma, MPA, Ph. D
NIP. 19530927 197903 1 001


 











 




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar